Bisnis Tokek


Banyak orang yang belum tau kalau Tokek bisa menjadi obyek bisnis dengan keuntungan yang menggiurkan, betapa tidak?? karena se ekor tokek dengan berat 3 ons harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah di sini kita akan bahas habis tentang makhluk reptile satu ini, mulai dari: cara menangkap, penangkaran, sampai tips menjual tokek.Nah mari kita mulai dengan cara menangkap tokek, Dalam menangkap tokek dilarang keras sampai si tokek sampai terluka, bahkan boleh di ibaratkan jangan sampai tersentuh tangan.Karena harganya akan jatuh drastis bahkan sampai tidak laku sama sekali.
Sifat alami tokek adalah kalau di tangkap dia akan melawan sekuat tenaganya.Maka harus hati-hati,karena kerap menggigit jika ditangkap.
Bila dipegang,tokek otomatis akan menganga mulutnya; siap untuk menggigit penangkapnya. Gigitannya sangat kuat,otot-otot rahangnya seakan mengunci.

Beberapa cara agar bisa menangkap tokek tanpa melukainya:

1.Menggunakan perangkap tikus yang sudah di beri makanan kesukaan tokek ( kalau bisa serangga yang masih hidup untuk menarik perhatian si tokek ).Taruhlah perangkap di dekat tokek berada.

2.Menggunakan tembakau yang sudah di tusukan ke lidi sebagai “umpan” si tokek.Jika tembakau ini di makan tokek akan pingsan sesaat.Namun dosis jangan terlalu banyak karena tokek bisa mati.


Kisaran harga jual tokek :

* kategori 2,5 ons (berat 2,5 - 2,9ons) harga 5-10 juta
* kategori 3 ons (berat 3 - 3,4ons) harga 15-20 juta
* kategori 3,5ons (berat 3,5 - 3,9ons) harga 30-50 juta
* kategori 4 ons (berat 4 - 4,9ons) harga 100-200 juta
* kategori 5 ons (berat 5 ons ) harga 300-500 juta
* kategori 6 ons keatas harga 100juta/ons

Tips penangkaran tokek:

Untuk mendapatkan tokek buat di tangkar, anda bisa mencarinya lalu menangkapnya seperti cara yang telah di tulis di atas, tetapi ada cara yang lebih mudah selain anda sendiri yang harus menangkapnya, yaitu dengan cara beli tokek yang kira-kira beratnya 1.5 ons di tempat penangkaran tokek besar, memang mereka tidak menjual ecer tokeknya tapi untuk di keringkan dan di ekspor keluar negri, akan tetapi kalau kita minta dengan harga yang pantas mereka pasti mau menjualnya secara ecer, saya pernah beli di tempat penangkaran tokek besar dengan harga satu ekor tokek Rp 10.000 .

mungkin kalau anda pintar menawar harganya akan lebih murah, belilah 10 atau 8 ekor tokek yang paling besar di sana, nah sekarang kita bisa mulai menangkarnya, menjadikan tokek yang awalnya mempunyai berat 1.5 ons menjadi 3 ons ke atas. sebelum menangkarnya terlebih dahulu kita harus tau sifat-sifat tokek.

sifat-sifat tokek:

1 Tokek Merupakan Binatang yang tahan lapar, serta tahan cuaca.
Jadi kalo tokek gak diberi makan selama 1 minggu ato 2 minggu, itu gak masalah. Atopun dicuaca panas ato dingin itu juga gak masalah.

2.
Tokek Merupakan hewan kanibal
Jadi jika dia kumpul jadi 1 kandang, dan merasa lapar,dia bersifat kanibal.
Dia mempunyai pedoman siapa yang kuat dia yang menang, jadi ada hukum rimba di sini. Jadi saran saya 1 kandang 1 tokek. Supaya tidak ada persaingan makanan.

3. Tokek Gampang Stress

Dan Karena tokek yang gampang stres, maka sekali diletakan dikandang, jangan dipindah pindah lagi baik tokek maupun kandangnya. Tujuannya supaya tokek tidak stres, akibatnya dia akan gak doyan makan. Sebenarya tokek mati, rata rata mengalami stress.

Cara penangkaran tokek:

1.Buatlah kandang yang terbuat dari kayu, ukuran bebas asalkan tokek dapat bergerak dengan bebas, satu kandang hanya boleh di huni oleh satu tokek saja.

2. Untuk makanan.
Serangga adalah makanan tokek. Ini akan merangsang tokek menjadi lebih besar. Dalam hal ini bisa menggunakan jangkrik/Kroto sebagai makanan tokek.Untuk peningkatan beberapa ons itu tergantung banyak faktor, usahakan jangan sampai tokek merasa stress itu aja. buat kandang senyaman mungkin.


3. semprotlah tokek menggunakan air, untuk penyemprotnya bisa menggunakan semprotan burung atau tanaman, hal ini berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan tokek.

lakukan hal ini terus menerus sampai tokek mencapai berat yang didinginkan, biasanya dari 1.5 ons ke 3ons memerlukan waktu sekitar 4 bulan, kalau penangkarannya di lakukan secara benar.



Tips menjual tokek :
( saya kumpulkan informasi dari berbagai sumber )

1. Kondisi kandang harus gelap tertutup.
Jangan sering-sering kontak langsung dengan manusia karena hewan reptil ini cepat menyusut bukan karena selama perjalanan. tapi karena kandang terbuka dan sering kontak langsung dengan manusia itu yang menyebabkan dia stress.Jadi hindari timbulnya stress pada tokek.

2. Berilah vitamin B-complex secukupnya untuk mengurangi penyusutan berat badanya

3. Berikan makan kacang ijo 1 butir jangan lebih untuk menambah stamina

4. Jangan sering – sering ditimbang. Ini sama saja akan membuat tokek stress.
Sebagai patokan apabila ukuran lebar punggung sekitar 5cm lebih itu sudah dipastikan berat 2,5-3ons.Coba gunakan patokan berikut ini :

Ciri-ciri tokek dengan berat 2,5 ons
- lebar punggung selebar bungkus rokok djisamsu
- dengan panjang berkisar 1 jengkal 4 jari

Ciri-ciri tokek dengan berat 3 ons
- lebar punggung selebar bungkus rokok sampoerna mild / 5 jari
- dengan panjang berkisar 30 cm – 37 cm

5.Tips tambahan dari kawan kita yang saya ambil dari internet ( maap saya lupa namanya …) :
“Jadi utk kawan2 yg mau bawa tokek ke JKT ada baiknya buat MoU diatas materai antara owner tokek n pihak mediator/broker. Sekalian diajak gambling para mediator ato buyernya sekalian kalo gak jadi transaksi harus ada ganti rugi n uang lelah. Cukup saya aja yang dikibulin n kena tipu. Atau alternatif laen suruh turun pihak mediator n bawa buyernya sekalian kalo emang bener2 mau beli pasti dateng tuch buyer. Semoga masukan tulisan saya ini dapat memberikan manfaat dan berguna bagi kita semua”

oke saya rasa cukup, mudah-mudahan artikel ini berguna bagi anda semua yang membacanya...

0 Response to "Bisnis Tokek"

Posting Komentar

Powered by Blogger